Nama Panda disini bukan seekor beruang asal China melainkan nama Navneet Panda,
seorang insinyur yang bekerja untuk Google.
Bersama rekannya Bill Slawski,
Navneet Panda membuat algoritme mesin pencari yang dipatenkan.

Algoritma ini memiliki kecerdasan untuk mendeteksi apakah sebuah halaman website baik atau tidak bagi pengunjung.
Mana yang disenangi atau tidak disukai pembaca.
Menghitung keakuratan dan kebenaran isi/data yang disajikan pada sebuah konten halaman.
Menghitung tingkat kepercayaan publik terhadap isi sebuah website.
Algoritme yang hampir mendekati cara berpikir manusia, karena mesin ini mempelajari tingkah laku manusia sewaktu surf internet.
Mulai Tanggal 12 April 2011, Algoritma Google Panda dijalankan
secara global di semua website berbahasa Inggris.
Sebelumnya Google hanya menerapkan uji coba algoritma di USA.
Karena mendapat sambutan positif dari para pengguna search engine,
akhirnya Google melangkah lebih jauh ke seluruh dunia untuk website yang berbahasa Inggris.
Untuk bahasa selain English tentu saja akan dilakukan juga algoritme Google Panda.
Tinggal tunggu waktu saja (mungkn saat ini sudah diterapkan di beberapa bahasa asing lain)

Dalam algoritma Google Panda ini google lebih menekankan pada antisipasi content farm.
Secara sederhana content farm digambarkan semacam situs yang menerima penulis lepas (freelance writer) untuk membuat situs yang mempunyai konten besar dengan maksud memenuhi algoritma pencarian secara maksimal dan tentu saja tujuan utamanya adalah IKLAN.
Untuk website yang menggunakan Auto Generated Content berbahasa Inggris (juga yang lain),
jangan terkejut bila tidak terindeks oleh google.
Website dengan kualitas rendah dengan konten copy-paste,
loading site lama, keyword stuffing, spamming, atau tidak sesuai dengan aturan SEO google,
bisa saja terkena dampaknya seperti penurunan posisi di mesin pencari (SERP).
Banyaknya pendapat positif tentang gebrakan Google dengan Google Panda dalam memperbaiki hasil mesin pencariannya mau tidak mau harus mengikuti aturan
Google kalaupun mau terindeks di mesin pencari Google.


Cara Membuat Blog Bersahabat dengan Google Panda

  • Buatlah konten yang original (karya sendiri) jangan melakukan copy paste atau duplikat konten.
  • Buatlah konten yang lebih variatif, tidak hanya teks tapi juga bisa disertai photo dengan memakai ALT
  • Usahakan blog diupdate secara rutin, selang waktu antar postingan satu dengan yg berikutnya tidak terlalu lama.
  • Hapus posting duplikat karena satu halaman mempengaruhi penilaian google keseluruhan isi blog.
  • Buat blog lebih ringan agar cepat loadingnya dengan cara kurangi widget dan iklan di sidebar.
  • Cari backlink berkualitas dan variatif dengan blogwalking ke blog PR tinggi atau dari twitter dan facebook.
  • Kata kunci disarankan harus ada pada title pada artikel, dan tag header h1 , h2 atau h3 di konten.
  • Pastikan keyword utama ada pada postingan dan di akhir postingan.
  • Buat keyword utama dan pendamping berkisar 2%-5% dari seluruhan postingan dan usahakan ada di setiap paragraf secara alami.
  • Usahakan memberikan sebuah penekan pada keyword dengan tag bold , underline dan italic.
  • Jangan memasang outbond (eksternal) link yang tidak relevan (gak nyambung) dengan tema tulisan.
  • Usahakan untuk memberikan internal link pada tulisan yang masih nyambung (relevan) dengan tulisan yang terdahulu.
  • Disarankan menuliskan postingan minimal 400 kata dan gunakan selalu kategori/label yang relevan.


Mementingkan tingkat bounce rate atau pentalan dan durasi pengunjung dalam menelusuir blog.
Jadi usahakan pengunjung betah dan berlama-lama di blog kita,
caranya bisa dengan membuat related post, internal link dan posting video.
Sepertinya kita harus mengaktifkan moderasi komentar atau menghapus komentar yang isinya spam.

Demikianlah sedikit penjelasan tentang SEO Agar Bersahabat dengan Google Panda.
Semoga infonya berguna bagi suksesnya blog sobat.
 
Top